Browser Meranet, Browser Asal India Masuk Pasar Indonesia, Apa Keunggulannya?

Browser Meranet – Menyebut nama India mungkin yang terlintas dibenak pertama kali adalah film legendari bertajuk Kuch Kuch Hota Hai. Ya film yang memasangkan Shahrukh Khan dan Kajol tersebut berhasil menghipnotis perhatian penonton termasuk saya sendiri hehehe…

Terlepas dari dunia hiburan di India, dalam urusan teknologi nampaknya India tidak mau kalah dengan negara lain. Hal tersebut berhasil dibuktikannya belum lama ini dimana India baru saja mempromosikan browser baru yang diberi nama Meranet.

Meranet, Browser Asal India Masuk Pasar Indonesia, Apa Keunggulannya?

Meranet merupakan sebuah browser yang diciptakan khusus bagi mereka yang gemar menjelajah dunia maya. Namun sayangnya browser tersebut tidak bisa digunakan di laptop/PC akan tetabi hanya untuk smartphone.

Browser yang sangat populer di negara aslinya tersebut merupakan hasil perkembangan dan layanan internet mobile DataWind. Berbeda dengan kebanyakan browser pada umumnya untuk bisa mengakses internet melalu Meranet kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 99.000/tahun.

Setelah melakukan pembayaran secara otomatis kalian bisa menggunakan browser tersebut sepuasnya tanpa kuota selama kurun waktu satu tahun. Itu tadi adalah salah satu keunggulan dari Meranet.

Tak hanya disitu nampaknya browser asal India ini juga masih mempunyai keunggulan lainnya.  Selain bebas kuota selama satu tahun ternyata performa browser ini tak perlu diragukan lagi sebab Merata mempunyai kecepatan yang fantastis jika dibandingkan dengan browser yang lainnya.

Baca Ini:  Kumpulan 5 Gadget Terbaik 2017, Mana Pilihanmu?

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Rupinder Singh, selaku Executive VP DataWind. Dimana pada saat itu Singh sempat mengungkapkan jika Meranet mempunyai kecepatan 30 kali lebih cepat dari browser lainnya.

Lantas apakah Meranet mempunyai keamanan yang baik? Mengenai hal tersebut tidak perlu diragukan lagi sebab browser tersebut sudah mempunyai keamanan yang terjamin dan bahkan sudah mendapat verivikasi dari beberapa operator yang sudah diajak bekerja sama,seperti Telkomsel, Tri dan Datami.

Tidak hanya itu saja Singh juga telah mengklaim jika pengguna Merata di India telah mencapai angka 100.000 orang. Pastinya jumlah tersebut tidaklah sedikit. Mengenai biaya akses tahunan Meranet di India juga lebih terjangkau ketimbang harga akses di Indonesia.

Untuk bisa menikmati jaringan 3G dan 4G pengunjung di India hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp. 40.000. Sementara untuk jaringan 2G pengguna akan dikenakan biaya Rp. 20.000.

Rupinder Singh juga mengatakan jika hadirnya beberapa teknologi canggih dalam Meranet mampu mempercepat pengiriman konten web melalui jaringan nirkabel dan biaya yang lebih rendah.Untuk saat ini Meranet hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan kartu Tri dan Telkomsel.

Baca Ini:  Game Android Terbaik Untuk Anak Perempuan

Akan tetapi suatu saat browser Meranet ini akan bisa digunakan di seluruh operator. Meski sudah secara blak-blakkan mengungkap hal tersebut namun rupanya Singh masih merahasiakan kapan browsernya bisa digunakan di  seluruh operator.

Singh juga sempat menjelaskan jika browser Meranet sebelumnya sudah pernah ada dalam paket bundling di sebuah tablet keluaran Datawind yang bernama UbiSlate. Tablet tersebut mempunyai layar 7 inchi.

Untuk saat ini Meranet hanya bisa digunakan di Android. Sedangkan di indonesia sudah ada beberapa pengguna yang berhasil mengunduh browser ini. Pengunduhannya tidak di Playstore  akan tetapi disebuuat situs web dalam bentuk APK. Menurut desas desus yang beredar dalam beberapa waktu kedepan Meranet akan hadir di Play Store.

Dengan menggunakan Meranet kita bisa mengakses dengan mudah dan cepat tanpa takut kuota habis. Sehingga kita bisa memanfaatkan browser ini untuk hiburan maupun pendidikan.

Tags:
Browser Meranet, Browser Asal India Masuk Pasar Indonesia, Apa Keunggulannya? | niena wijaya | 4.5