Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Sendiri di Android

Ketika sedang asyik menggunakan sebuah aplikasi tiba-tiba aplikasi tersebut berhenti dan tak lama kemudian muncul tulisan “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Pastinya hal tersebut sangatlah menyebalkan.

Nah dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengeani cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di Android. Walaupun aplikasi yang kalian gunakan adalah aplikasi resmi dari Play Store nyatanya hal tersebut tidak menjamin kalian terhindar dari masalah tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Sendiri di Android

Sebelum mengetahui cara menanggulangi masalah tersebut ada baiknya jika kalian mengetahui penyebab aplikasi berhenti secara mendadak.

  1. File sampah yang menumpuk

Ya, sering kali kita mengabaikan file sampah atau file cache. Perlu kalian ketahui jika banyaknya file cache yang menumpuk maka hal tersebut akan membuat gadget kalian lemot.

  1. Aplikasi masih versi BETA

Apa itu aplikasi versi BETA? Aplikasi versi BETA adalah sebuah aplikasi yang masih berada dalam tahap uji coba sehingga masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

  1. RAM penuh

Selain file cache rupanya RAM penuh juga bisa membuat gadget eror.Berkurangnya kapasitas RAM ini biasanya kalian terlalu sering mengunduh aplikasi sedangkan spesifikasi gadget kalian tidak mumpuni.

Nah itu tadi adalah hal-hal yang bisa membuat aplikasi berhenti dengan sendirinya. Lantas bagiamana cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di Andorid? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kalian lagukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Langsung saja simak yuk ulasan berikut ini.

Baca Ini:  Apa itu AnTuTu Benchmark?
  • Hapus cache aplikasi

Untuk menghapus cache dari gadget kalian bisa melakukannya dengan dua cara yaitu dengan cara instan dan manual. Cara instannya adalah menggunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master, Ccleaner dan sebagainya. Sedangkan cara manualnya adalah kalian harus menghapusnya sendiri yakni dengan cara membuka pengaturan kemudian pilih menu aplikasi terintal. Setelah itu pilih aplikasi yang menurut kalian lemot. Tak lama kemudian kalian akan disuguhkan dengan informasi mengenai aplikasi tersebut. Lalu pilih menu hapus cache, secara otomatis file cache yang ada di aplikasi tersebut akan hilang.

  • Instal Ulang Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di android berikutnya adalah menginstal ulang aplikasi. Sebelum menginstal aplikasi tersebut sebaiknyakalian hapus terlebih dahulu aplikasi yang lama beserta dengan file cachenya.

  • Melakukan Factory Reset

Langkah akhir yang bisa kalian lakukan untuk menghindari aplikasi berhenti dengan sendirinya adalah dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan factory reset secara tidaklangsung gadget kalian akan kembali seperti awal dan semua file akan hilang.

Baca Ini:  Tips dan Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah

Namun jika kalian tidak ingin kehilangan semua file kalian bisa melakukan cara lain. Yakni buka pengaturan setelah itu pilih Setelah Tmabahan kemudian pilih Buat Cadangan dan Reset. Setelah itu pilih menu Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Dibongkar.

Biasanya langkah ini bisa dilakukan untuk gadget andorid Lollipop. Sedangkan untuk gadget versi lain mempunyai cara yang sedikit berbeda.

Nah itu tadi cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di android. Jika gadget kalian tidak mengalami masalah tersebut kalian bisa melakukan pencegahan dengan cara tidak menutup paksa aplikasi jika mengalami loading lama, jangan gunakan gadget ketika sedang di cas, ketika daya hampir habis jangan lakukan banyak aktivitas yang membuat gadget sampai mati.

Bagaimana? Cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di android yang saya bagikan tadi cukup mudah bukan? Emm cara mengatasinya memang sangatlah mudah namun ada baiknya jika kita menjaga gadget dengan baik supaya masalah seperti itu tidak muncul. Meski kelihatan sepele jika masalah tersebut dibiarkan maka akan membuat gadget eror.

Tags:
Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Sendiri di Android | niena wijaya | 4.5