Review Samsung Galaxy Express Prime. Spesifikasi dan Harga

Samsung sekali lagi mengeluarkan smartphone untuk kelas menengah yang diberi nama Galaxy Express Prime. Boleh dikatakan ini adalah salah satu handset murah, karena dengan harga sekitar 100 dolar kita sudah mendapatkan sebuah smartphone berkelas yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Tampangnya sangat mirip dengan Samsung Galaxy S3.

Samsung Galaxy Express Prime

Spesifikasi smartphone ini walaupun tidak terlalu mentereng namun cukup mumpuni. Dilengkapi dengan prosesor dual core, kamera kamera 5 MP (megapixels) di bagian belakang dan konektivitas 4G (LTE) yang cukup kencang saat digunakan mengakses internet.

Desain
Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, smartphone ini tampak sangat mirip dengan Samsung Galaxy S3 akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Meskipun tidak memiliki desain yang se-premium Galaxy S3, namun Galaxy Express Prime memiliki tampang yang begitu mirip, memiliki bentuk yang sama panjang dengan sudut membulat dan tombol home berbentuk oval.
Dimensi bodi smartphone 142.2 x 17 1.1 x 7.9 mm dengan berat 138.9 g. Melihat spesifikasi tersebut, tidak sulit untuk menerka bahwa smartphone ini akan enak digenggam karena bodinya tidak terlalu besar serta cukup ringan. Sama seperti rata-rata smartphone pada umumnya yang memiliki layar 5 inci.

Tampang di bagian depan smartphone ini tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung lainnya. Terdapat dua tombol kapasitif di bagian depan dan satu tombol fisik untuk home.

Baca Ini:  Harga Samsung Galaxy J1 2015 - Samsung Galaxy J1 2015 Spesifikasi

Jaringan dan konektivitas
Teknologi jaringan yang digunakan adalah GSM dengan dukungan HSPA dan LTE. Jenis kartu yang digunakan adalah nano-SIM dengan dual SIM-card stand by. Selain itu, terdapat beberapa konektivitas tambahan diantaranya adalah: bluetooth versi 4.1, Wi-Fi 802.11 b/g/n, terdapat fungsi hotspot dan Wi-Fi direct, dilengkapi dengan GPS, FM radio, serta micro USB versi 2.0.

Layar
Smartphone yang mengandalkan sistem operasi Android versi 6.0 (Marsmallow) ini memiliki display dengan tipe super AMOLED. Ukuran layarnya mencapai 5.0 inchi dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Kepadatan pixelnya mencapai 294 ppi. Support multi touch dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4 yang terkenal tangguh.

Layar smartphone ini cukup sensitif terhadap setiap sentuhan. Bahkan dalam pengujian, saat melakukan pinch zooming dan tapping, hampir tidak ditemui kendala berarti. Bahkan, beberapa game kelas menengah seperti Temple Run bisa berjalan dengan baik.

Meski demikian, smartphone kelas menengah ini tidak serta merta memiliki display yang memuaskan walaupun menggunakan teknologi super AMOLED di layar, tebukti, kita masih melihat beberapa garis-garis lembut yang tampak di wallpaper dan gradien warna.

Spesifikasi hardware Galaxy Express Prime
Smartphone yang diumumkan pada bulan April tahun 2016 dan diluncurkan pada bulan dan tahun yang sama ini, menggunakan chipset Exynos 3475 Quad. Dipadukan dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.3 GHz Cortex A7 dan didukung GPU Mali-T720. Smartphone terasa semakin nyaman digunakan dengan adanya dukungan RAM 1.5 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Tidak perlu khawatir kehabisan memori karena terdapat slot micro-SD up to 128 GB.

Baca Ini:  Harga terbaru dan spesifikasi dari Samsung Galaxy Young S6310

Kamera
Walaupun dijual dengan harga yang cukup murah dengan bandrol sekitar 2 jutaan, namun jika melihat kamera yang ditawarkan, hanya 5 MP (megapixels) rasanya masih kurang bagi kamu para penggemar photography. Kamrena belakang dilengkapi LED flash dan autofocus serta beberapa fitur lain seperti: Touch Focus, HDR, Face Detection serta Geo-tagging. Rasanya kamera tersebut masih terlalu kecil mengingat kebutuhan fotografi saat ini bagi banyak orang merupakan salah satu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Boleh jadi ini adalah kelemahan Samsung Galaxy Express Prime selain kamera di bagian depan yang hanya 2 MP (megapixels).

Sulit untuk mengandalkan kedua kamera ini, terutama di tempat-tempat yang minim cahaya. Jadi, saat mengambil gambar, jangan berharap bisa menghasilkan gambar berkualitas baik terutama di dalam ruangan atau pada malam hari.

Namun untungnya, smartphone ini dibekali dengan baterai yang cukup besar, yaitu baterai removable berjenis Li-ion dengan kapasitas 2600mAh. Baterai tersebut mampu mendukung smartphone untuk stand by selama 528 jam dan bisa digunakan untuk berbicara kurang lebih 22 jam.

Tags:
Review Samsung Galaxy Express Prime. Spesifikasi dan Harga | admin | 4.5