Cara Menggunakan Private Browsing di Firefox

Ketika anda browsing di internet, browser Firefox anda akan menyimpan banyak informasi untuk anda, salah satunya adalah halaman-halaman website yang telah anda kunjungi (history). Namun ada kalanya anda tidak ingin Firefox menyimpan data tersebut, sehingga orang lain tidak dapat mengecek alamat web dan halaman apa saja yang telah anda kunjungi selama berselancar di dunia maya.
Untuk itu, Firefox menyediakan fitur Private Browsing, yang ketika diaktifkan, Firefox tidak akan menyimpan data apapun sehubungan dengan alamat dan halaman web yang telah anda kunjungi.

private browsing firefox

Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Mengaktifkan Private Browsing Firefox
Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk membuka mode Private Browsing.

Cara 1: Membuka jendela Private Browsing baru
Jika anda ingin menjalankan mode Private Browsing dari awal, klik tombol Firefox (pojok kiri atas jendela browser Firefox), lalu pilih New Private Window.

Baca Ini:  Daftar Pesaing Bitcoin yang Tidak Kalah Menarik

Setelah itu, jendela baru Firefox akan terbuka, tentunya dalam mode Private Browsing, tanpa mempengaruhi jendela atau tab Firefox yang anda jalankan saat ini.

Cara 2: Membuka sebuah link dalam mode Private Browsing
Metode lainnya adalah dengan cara membuka sebuah link, langsung ke dalam mode Private Browsing. Caranya adalah dengan klik-kanan pada sebuah link, lalu pilih Open Link in New Private Window.

Setelah itu, sebuah jendela baru Firefox (dalam mode Private Browsing) akan terbuka, dan langsung mengarah ke link tersebut.

Saat Firefox berjalan dalam mode Private Browsing, tombol menu Firefox tidak lagi berwarna orange seperti biasa, namun berwarna ungu.

Data apa saja yang disimpan saat menggunakan Private Browsing?
Data dan informasi berikut tidak akan direkam oleh Firefox ketika anda menggunakan mode ini:
• Halaman yang dikunjungi – Alamat dan halaman website yang dikunjungi tidak tersimpan dan tidak dapat dilacak melalui history
• Entri from dan search bar (pencarian) – Teks isian pada text-field dan kotak pencarian tidak akan tersimpan, sehingga tidak akan muncul secara otomatis
• Password
• Entri download list – Daftar atau list download tidak akan terekam di download manager Firefox
• Cookies
• Cache – Tidak ada file cache dan internet temporary files yang tersimpan ketika anda menggunakan mode Private Browsing

Baca Ini:  Tantang iPad, Samsung Keluarkan Seri Tab dengan RAM 3GB

Namun begitu, pengguna tetap bisa membersihkan data-data tersebut di atas secara menual dengan cara membesihkan daftar History.
Jika anda tidak ingin repot untuk membersihkannya, atau takut terlupa untuk membersihkan history setelah browsing, maka sebaiknya anda menggunakan mode Private Browsing di Firefox.

Tags:
Cara Menggunakan Private Browsing di Firefox | admin | 4.5