Perbandingan iPhone SE dengan iPhone 6s

Perbandingan iPhone SE dengan iPhone 6s – Pada tulisan kami kali ini akan menjawab secara singkat mengenai perbedaan antara iPhone SE dengan iPhone 6S. Memang untuk iPhone SE sudah dibekali dengan fitur-fitur setara 6s, sebut saja prosesor A9 dan grafis M9, kamera 12 megapiksel yang diletakkan dibagian belakang, dengan sejumlah kelengkapan software untuk Live Photo, fitur touch ID, NFC dan Hey Siri. Sama halnya dengan yang sudah ditawarkan iPhone 6s. Tapi tidak semuanya yang dibawa iPhone SE setara dengan iPhone 6s. Apple tetap mempertahankan beberapa fitur untuk tetap ada di ponsel flagship. Dan beberapa diantaranya akan kami bahas dalam ulasan berikut ini.

iphone se

Perbandingan iPhone SE dengan iPhone 6s

Ukuran Layar.
Layar iPhone 6s berukuran 4,7 inci yang mana ukuran tersebut cukup besar untuk menikmati multimedia dalam genggaman tangan dan juga bermain game dengan joystick virtual. Meski bukan ukuran terbesar, terutama jika dibandingkan dengan layar iPhone 6s Plus yang membawa ukuran layar 5,5 inci. Seperti yang sama-sama telah diketahui, iPhone SE membawa layar 4 inci saja. Semakin kecil bentang layarnya maka akan semakin sedikit jumlah piksel yang ditampilkan. Terbukti di iPhone SE resolusi layarnya hanya 1136×640 piksel saja. Dibandingkan dengan resolusi layar iPhone 6s yang 1334×750 piksel dan 6s Plus yang 1920×1080 piksel, maka layar iPhone SE memiliki resolusi yang masih tergolong rendah. Tapi tentu saja itu bukan hal yang buruk, hanya karena mengoptimalkan ukuran layar, maka resolusi tersebut ikut dibuat kecil. Terbukti kerapatan layarnya sama dengan iPhone 6s yakni 326 ppi.

3D Touch.
Ditahun 2015 lalu mungkin kalian sudah pernah menyaksikan revolusi layar iPhone yang mulai menggunakan teknologi touch sensitive, yang disebut Apple sebagai teknologi 3D Touch. Sayangnya, produk 2016 awal, iPhone SE tidak dibekali teknologi tersebut. Sebuah kehilangan yang besar jika kalain bermaksud memilih iPhone SE sebagai pengganti iPhone 6s. Seperti yang kamu ketahui, kehadiran layar dengan sensor tekanan pada iPhone 6s memberikan kesempatan bagi pengembang software untuk membuat aplikasi yang menarik yang tentunya tidak dapat digunakan di ponsel lain yang tidak memiliki fitur ini. Secara default tanpa aplikasi tambahan, fitur 3D Touch juga sudah melakukan tugasnya dengan baik dengan memberikan interface dan pengalaman baru bagi pemilik iPhone 6s. Namun sedihnya fitur ini tidak akan kamu temukan di iPhone SE.

Baca Ini:  Game Android Terbaik Untuk Anak Perempuan

Rasio Kontras Layar.
Karena membawa layar yang lebih kecil dari iPhone 6s, layar pada iPhone SE memiliki rasio kontras yang jauh lebih rendah. Kalau di iPhone 6s membawa nilai rasio kontras 1400:1, maka di iPhone SE hanya 800:1. Sebenarnya bukan masalah ukuran yang membuatnya lebih kecil, mengingat iPhone 6s plus yang layarnya lebih rendah memiliki nilai kontras 1300:1. Tapi bentangan layar yang dibawa iPhone SE memang berpengaruh banyak dalam penurunan nilai kontras tersebut. Sebenarnya masih banyak hal yang ingin kami bicarakan pada layar iPhone SE ini bila dibandingkan dengan layar iPhone 6s. Tapi kebanyakan fitur yang dihilangkan memang berfungsi untuk kenyamanan pengguna iPhone 6s untuk meraih sudut-sudut yang mungkin suit diraih oleh pengguna, karena layarnya lebih lebar. Hal ini tidak dibutuhkan oleh iPhone SE yang setiap sudutnya lebih mudah diakses tanpa perlu bersusah payah.

ROM berkapasitas 128 GB.
Data yang masuk dan keluar di iPhone bisa dibilang besar, itu bisa jadi terdiri dari aplikasi, data chatting, email, film, musik, dan yang utama adalah foto dan video 4k. Ketikan kamu mengejar besaran kapasitas memori terkecil demi harga yang relatif lebih terjangkau, maka kamu harus siap-siap memindahkan dan menghapus file foto dan video dari iPhone ke PC dan sebaliknya. Atau siap-siap juga internet di sepanjang penggunaan, karena kamu akan sering menikmati file multimedia secara streaming.

Baca Ini:  Review iPhone X, Spesifikasi Smartphone RAM 3 GB dengan Prosesor Hexa Core

Dari uraian tadi terbayang sudah bahwa ukuran memori penyimpanan menjadi hal yang krusial. Karena iPhone tidak memiliki slot memori tambahan, maka pengguna harus pintar berhitung merencanakan penggunaan memori dan kebutuhan file OTG secara pintar. Ukuran yang paling besar untuk iPhone ada di ukuran 128 GB. Itu sudah cukup besar untuk mengatasi kebutuhan bermultimedia sepanjang jalan tanpa takut kehabisan memori. Namun sayangnya di iPhone SE hanya menyediakan dua pilihan memori yakni 16GB dan 64GB.

Resolusi Kamera Depan.
Kamera depan ataukamera selfie entah karena trennya kearah situ atau tidak, menjadi suatu hal yang diperhitungkan. Meskipun saya probadi lebih senang berselfie dengan membalik ponsel sehingga layar membelakangi saya dan membiarkan kamera dengan resolusi lebih baik menangkap wajah saya. Tapi kebanyakan orang berpendapat tidak demikian. Selfie ya harus dengan melihat layar sebagai viewfinder. Dan di iPhone SE tiak mampu memuaskan saya dengan kamera depan 1.2 megapikselnya. Jika dibandingkan dengan iPhone 6s yang membawa kamera depan 5 megapiksel, maka hasil kamera selfie iPhone SE tidak akan sepadat dan sebagus hasil kamera selfie di iPhone 6s. Meksi demikian kamera depan iPhone SE tetap bisa diandalkan untuk urusan video call.

Demikian tadi pembahasan kami mengenai Perbandingan iPhone SE dengan iPhone 6s. Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat dan tentu saja menambah pengetahuan kamu khususnya para pengguna iPhone di  indonesia.

Tags:
Perbandingan iPhone SE dengan iPhone 6s | admin | 4.5