Perkembangan dan Kelebihan Teknologi Virtual Reality

Perkembangan dan Kelebihan Teknologi Virtual Reality – Salah satu teknologi yang menarik di tahun 2016 ini adalah virtual reality atau biasa disebut sebagai teknologi VR. Virtual Reality ini merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat melakukan interaksi lewat dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada dalam lingkungan tersebut. Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman untuk membuat penggunanya dapat merasakan sensasi dunia maya yang serasa seperti nyata. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya melibatkan mata dan telinga saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari virtual reality ini, namun juga pancaindera lainnya. Teknologi virtual reality ini sudah banyak diterapkan dibeberapa sektor industri seperti arsitek, militer, pendidikan, hiburan dan sebagainya. Virtual reality sangat membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dihadirkan secara langsung dalam dunia nyata.

Teknologi Virtual Reality



Perangkat Virtual Reality.
Perangkat yang digunakan untuk mendukung sensasi teknologi virtual reality ini biasanya berupa headset, walker, helm. Perangkat tersebut bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin indera yang dimiliki semua orang. Tentunya dengan banyak indera yang terlibat dalam virtual reality akan berbanding lurus dengan tingkat sensasi yang lebih nyata dari sebuah teknologi virtual yang dimunculkan. Paling tidak membutuhkan sebuah headset yang dipasangkan di smartphone yang sudah mendukung VR untuk bisa merasakan sensasi virtual reality. Ada empat elemen penting dalam virtual reality yang diantaranya adalah Virtual world yang bisa menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script. Lalu ada juga Immersion yang merupakan sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality ini dapat merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Dan Immersion inipun terbagi kedalam beberapa jenis yaitu Mental Immersion yang membuat mental penggunanya merasa seperti berada dilingkungan nyata. Yang kedua yaitu Physical Immersion yang membuat fisik penggunanya serasa berada disekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut. Yang ketiga yakni Mentally Immersed yang memberukan sensasi kepad penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality. Selanjutnya adapun Sensory feedback yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup penglihatan, pendengaran dan sentuhan. Berikutnya ada pula Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi penggunanya sehingga kamu bisa langsung berinteraksi dalam suasana fiktif atau virtual world. Teknologi tersebut sudah bisa masuk kategori sebagai virtual reality jika sudah memenuhi beberapa persyaratan yang antara lain yakni tampilan gambar, grafis, visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan perspektif dari penggunanya yang tentunya ini dibutuhkan agar tampilan grafis bisa sebanding dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri.

Teknologi Virtual Reality



Perkembangan Virtual Reality.
Karena memiliki potensi yang sangat besar, sekarang ini sudah banyak perusahaan yang sangat fokus dalam menggarap teknologi virtual reality ini dan berlomba  untuk menghadirkan sebuah dunia virtual terbaik dengan memberikan sebuah sensasi yang terasa berada dalam dunia nyata. Beberapa perusahaan tersebut antara lain Lenovo, Sony, Samsung, Microsoft, HTC, Volvo, Facebook, Google dan masih banyak lagi lainnya. Sony berencana mengeluarkan PlayStation 4 yang sudah mendukung teknologi VR, lalu Google juga akan membuat cardboard. Salah satu perusahaan gadget yang ikut meramaikan teknologi virtual reality adalah Lenovo yang sudah mengeluarkan smartphone terbaru yang mendukung virtual reality yaitu Lenovo Vibe K4 Note. Lenovo Vibe K4 Note ini memiliki 4 kelebihan yaitu Theater Max yang menyuguhkan pengalaman layar lebar 5,5 inci Full HD yang sinematik dengan VR Glass. Kemudian Dual Speaker depan dengan Dolby ATMOS untuk memberikan pengalaman surround sound, Prosesor Octa core 64 bit , RAM 3GB, dan juga sudah dibekali sensor fingerprint.

Baca Ini:  Operator Indonesia Lakukan Penetrasi Internet 4G untuk Gaet Milenial Muda

Teknologi Virtual reality tentunya dapat mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Setidaknya yang sudah terlihat jelas di depan mata kita yaitu mulai bergantinya kebiasaan masyarakat saat sedang menikmati hiburan seperti bermain game dan menonton video. Kita lihat saja nanti akan seperti apa industri teknologi pada masa mendatang dengan semakin berkembangnya teknologi virtual reality ini. Mungkinkah dengan virtual reality kita akan bisa masuk kedalam dunia virtual seperti dalam film The Matrix? Yang pasti akan semakin menarik.

Tags:
Perkembangan dan Kelebihan Teknologi Virtual Reality | admin | 4.5