Cara Menambah Kapasitas RAM Android dan Performa Agar Tidak Lemot

Selamat datang, kali ini kita akan membahas Cara Menambah Kapasitas RAM Android dan Performa Agar Tidak Lemot. Sering kali kita kalau menggunakan sistem ponsel smartphone yang lama ram yang digunakan sangatlah kecil. Jadinya smartphone menjadi sering hang dan tidak bisa digunakan untuk bekerja cepat.

Dan solusinya adalah dengan sedikit memodifikasi supaya cepat digunakan. Dan kali ini kita akan sedikit memodifikasi dan sudah pernah di test di beberapa blog yang saya ikuti. Hal ini hanya digunakan pada ponsel smartphone yang jadul. Karena untuk keluaran baru semua sudah menggunakan ram yang super greget.

menambah ram android

Jadi sangat tidka recomended bila dipasang menggunakan beberapa modifikasi yang membuat smartphone anda menjadi cepat. Karena minimal ram untuk smartphone yang baru baru ini adalah 2gb keatas. Sangat besar dan tidak perlu hal hal seperti ini.

Baca Ini:  Apa Sih Perbedaan Galaxy S5 dan Galaxy S6?

Dan perlu saya pertegas. Kalau kita menambah memory internal seperti  512 anda rubah menjadi 1gb itu tidak bisa yang dimaksudkan disini untuk ditambah adalah ditambahkan virtual memorynya. Dan metode yang digunakan adalah menggunakan swap file, swap partisi atau zram.

Dari hal tersebut fungsi dari virtual memory merupakan penyimpan memory sementara dari ram asli. Intinya sebagai cadangan dari memory asli.

Perlu anda ketahui bahwa dari hal ini, swap file adalah menyimpan virtual memory dari sd card yang ada pada smartphone anda swap partition adalah membuat sistem virtual memory menggunakan sd card. Yang memungkinkan anda membagi bagi partisi dan setiap partisi anda bagi menjadi tiga atau empat bagian dan bagian terakir anda gunakan linux swap zram. Membuat ram internal. Sebagian dari memory internal akan di lakukan pengompresan dan dijadikan sebagai virtual memory semakin besar zram anda. Semakin kecil memory internal anda.

Baca Ini:  Berikut Penjelasan Tentang Fungsi Mi Cloud Dalam Hp Xiaomi Yang Perlu Kalian Ketahui

Cara Menambah Kapasitas RAM Android dan Performa Agar Tidak Lemot
Anda perlu menginstal swapper for root:
1. Pastikan bila smartphone anda sudah di root
2. Anda download swapper for root
3. Instal
4. Anda buka swapper for boot
5. Pilih bagian sd card fat partisi yang ada pada swap file partisi
6. Isi value anda dengan kapasitas ram yang ingin anda gunakan
7. Besar kapasitas pada swap ram tergantung pada kelonggaran space pada kartu sd card anda
8. Lalu anda save
9. Dan tunggu sampai proses selesai
10. Reboot

Tags:
Cara Menambah Kapasitas RAM Android dan Performa Agar Tidak Lemot | admin | 4.5